Cara Membuat Puisi

Puisi ialah keindahan.

Meskipun keindahan itu bukan sekedar untaian kata. Puisi yang indah penuh makna. Tuturannya berisi hikmah. Sarat petuah.

Selain itu...

Pembaca merasakan hawa yang ada di dalamnya. Puisi romantis memberikan perasaan romantis; puisi tentang ketentraman membuat hati tentram. Puisi semangat mampu membangkitkan semangat.

Ada banyak puisi indah. Namun hanya sebatas keindahan kata-kata. Belum menyentuh keindahan makna. Pembaca tidak mendapatkan rasa, hikmah, maupun kedamaian jiwa.

Bagi saya...

Puisi yang baik adalah puisi yang selain indah, juga memberi kesan setelah membacanya. Seperti puisi Taufik Ismail, WS. Rendra, ataupun Kahlil Gibran.

Meskipun zaman berganti...

Karya-karya mereka tetap hidup. Masih dinikmati. Masih disukai. Karena sesungguhnya karya mereka tetap memancarkan pesona.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat puisi yang baik, benar, dan indah?

Puisi Yang Baik ...

Tips cara membuat puisi yang baik dan benar

Disertai Ketulusan

Begitu kata Kahlil Gibran. Ia mengecam para penyair yang membuat puisi semata-mata untuk ditukar dengan uang. Atau tujuan tidak tulus lainnya.

Menurutnya...

Puisi adalah nyanyian jiwa. Puisi yang baik adalah nada-nada indah dari suara jiwa itu sendiri. Bisa berupa kesedihan, kegembiraan, atau gagasan. Baginya, kesedihan pun tetap indah asalkan tulus.

Pilihan Kata

Kata adalah kekuatan. Kata juga adalah keindahan. Seperti bunga pada tangkainya, kata-kata yang tepat membentuk pohon puisi secara keseluruhan.

Ini yang dilakukan WS. Rendra...

... puisi romantis selalu menggunakan kata-kata:

  • berbunyi huruf /i /
  • berkaitan dengan gerimis atau hujan

Silakan baca: Contoh Kumpulan Puisi Romantis Cinta dari Gina. 

Membangun Suasana

Sedangkan Kahlil Gibran...

...membangun suasana. Ia sangat pandai membangun suasana yang mistis. Meskipun sebenarnya berbicara mengenai cinta. 

Misalnya membuka puisi dengan untaian kalimat berikut:
Aku baru saja tiba di Kota Tua tatkala cahaya matahari mulai meredup. Nafasku terengah. Pikiranku melayah. Kesadaranku hampir menemui titik terendah. 

Suasana ibarat pondasi. Ia yang memastikan ide agar berdiri megah. Mengapa suasana sedemikian penting? Sebab suasana menciptakan perasaan tertentu. Dan perasaan lebih kuat tertanam di benak manusia. 


Resonansi Memperindah Puisi

Resonansi menciptakan orkestrasi. Sebentuk musik yang lahir dari pemilihan kata. 

Beribu rindu menggebu dalam kalbu.

Kalimat di atas menggunakan resonansi yang berbunyi vokal /u/. Kita bisa mengubahnya dengan vokal /a/. Namun maknanya tetap sama. 

Berjuta rasa bergelora dalam dada

Seorang penyair bisa melihat setiap kata. Memilihnya. Dan menempatkannya secara tepat. Sangat penting memperhatikan resonansi dalam membuat puisi yang indah.  

Puisi-puisi Amir Hamzah sangat indah karena ia pandai mengatur rima, resonansi, dan orkestrasi. Meskipun begitu, jangan pernah mengorbankan makna demi rima. Justru rima dan resonansi berfungsi untuk memperkuat makna.

Perhatikan bagaimana Amir Hamzah membuat puisi indah:
Habis kikis. Segala cintaku hilang terbang. Pulang kembali aku pada-Mu. Seperti dahulu. 
Kaulah kandil kemerlap. Pelita di malam gelap. Melambai pulang perlahan. Sabar, setia selalu.
Jika Anda ingin lebih memahami proses membuat puisi yang indah, silakan baca artikel berikutnya.

Background vector designed by Freepik
Iklannya Juga Keren

Terkait: