Tips Hidup Bahagia Dalam Rumah Tangga: Harmonis


Salah satu faktor kebahagiaan berasal dari rumah. Dan faktor kebahagiaan di rumah bermula dari rumah tangga yang bahagia. Setelah kemarin artikel mengenai Rahasia Rumah Tangga Bahagia Dengan 7P, kali ini masih mengenai Tips Hidup Bahagia Dalam Rumah Tangga.

Tentu saja, kebahagiaan dalam rumah tangga sangatlah mahal. Sangat mewah.

Mungkin banyak orang yang berumah tangga, namun sedikit yang mendapatkan kebahagiaan darinya. Tidak sedikit yang masuk rumah tangga, namun justru mendapatkan kesengsaraan di dalamnya.

Maka dari itu...

Tips hidup bahagia dalam rumah tangga yang akan dipaparkan merupakan rangkuman dari mereka yang telah mengecap secara langsung ketentraman dalam mahligai cinta.

Tips Hidup Bahagia Dalam Rumah Tangga


Rumah tangga bahagia dan harmonis

Bahagia Itu Tentram


Ya, ketentraman dalam rumah tangga sangat mudah didapatkan bila...

... suami memiliki hati yang tentram...
... istri mempunyai jiwa yang tentram...

Dampaknya...

...anak-anak juga akan merasakan ketentraman dalam rumah. Mereka mendapatkan kedamaian ketika berada dekat dengan ayah serta ibunya. Merasa nyaman. Rindu. Dan bahagia.

Interaksi antar anggota keluarga begitu nyaman. Penuh kasih. Riang. Dan tentunya ada saling pengertian di antara mereka. Mereka lebih stabil secara emosional. Lebih dewasa. Juga memiliki empati yang besar terhadap orang lain.

TentramNyamanBahagia

Hawa dan perasaan penghuni rumah akan mewarnai rumah. Kita bisa mengisi rumah dengan ketentraman dengan cara:

1. Ibadah. Berbagai studi ilmiah membuktikan orang yang relijius itu menikmati hidup dengan tentram. Saya mengenal seseorang yang suaminya rajin pergi ke tempat ibadah. Hampir setiap waktu tidak terlewat.

Menurutnya...

Semenjak ia rajin beribadah, hidupnya terasa lebih bermakna. Hati tentram. Serta mudah untuk memberikan kasih sayang kepada sang istri.

Hatinya yang membawa ketentraman selepas beribadah akan memenuhi udara di ruang rumah. Perasaan tentram tersebut secara otomatis melenyapkan berbagai kecemasan. Akhirnya, hidup bahagia dalam rumah tangga bukan sekedar impian. Namun sebuah kenyataan yang dialami secara langsung.

Faktanya...

Banyak persoalan rumah tangga yang selesai dengan sendirinya lantaran hati yang tentram.

Fakta: Orang yang religius lebih bahagia. Mereka kuat dalam menghadapi berbagai kesulitan, tidak kehilangan optimisme, serta tingkat perceraian rendah.  


2. Bermain di Alam. Untuk menambah ketentraman, sering-seringlah menikmati keindahan alam. Menikmati bentangan langit nan biru, deburan ombak. pemandangan laut, hijaunya sawah, ataupun berjalan-jalan di taman bunga bisa meningkatkan ketentraman hati.

Studi yang dilakukan kepada orang-orang yang berjalan kaki di hutan menunjukan mereka memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Aroma alam (hutan) menurunkan tingkat stress. Di saat bersamaan meningkatkan daya tahan tubuh.


Terima Cintai Kembangkan

Ini-lah rahasia hidup bahagia dalam rumah tangga: terima dan kembangkan.

Para psikolog menemukan... Kematangan emosional seseorang dipengaruhi sikapnya dalam menerima dirinya sendiri.

Artinya...

Ia puas dengan apa yang ada pada dirinya, baik fisik, kepribadian, finansial, dan segalanya. Puas dengan rupa wajah, bentuk tubuh, income, serta keadaan dirinya.

Tidak juga mengeluh.

Kemudian ia mencintai dirinya. Yakni menghargai, menghormati, serta memperlakukan dirinya sendiri sebagai pribadi yang memang pantas mendapat penghargaan.

Setelah itu ia sedapat mungkin mengembangkan dirinya menjadi pribadi terbaik.

Pola di atas - menerima, mencintai, dan mengembangkan - dapat pula diterapkan dalam kehidupan rumah tangga. Bahkan merupakan yang terbaik dari sebagai tips hidup bahagia dalam rumah tangga.


  • Terima pasangan apa adanya
  • Cintai pasangan hidup sepenuh jiwa
  • Kembangkan kepribadiannya agar menjadi lebih baik


Pembahasannya bisa Anda baca pada artikel Tiga Kata Cinta Nan Menakjubkan


Jangan Lupakan Romantisme

Lakukan hal-hal romantis untuk mendapatkan hidup bahagia dalam rumah tangga. Lakukan ritual cinta yang menumbuhkan kebahagiaan, misalnya,


  • Duduk berduaan di senja hati sembari menyeruput teh hangat. 
  • Saling bercerita ringan. 
  • Mengenang masa lalu.
  • Mengungkapkan harapan-harapan di masa depan.


Atau, duduk bersandar di pundak sang suami, sesekali menempelkan pipimu ke pipinya. Jangan lupa pula melakukan ritual pelukan setiap akan berangkat kerja, pulang dari luar, dan tentunya menjelang tidur.

Salah seorang kenalan saya tampak selalu bahagia dalam rumah tangganya. Meskipun sudah lama menikah, namun romantismenya tidak pernah pudar.

Bagaimana mereka merangkai cintanya dalam romantisme tiada henti? Inilah tips darinya.

  • Kecupan hangat di pagi hari. 
  • Ritual pagutan: sang istri biasanya merangkul suami dan meletakan telapak kakinya di atas telapak kaki suami. Kemudian mereka berdansa syahdu. 
  • Elusan menjelang tidur. Mengelus punggung dengan lembut hingga sang istri tertidur. 
  • Belaian kasih sayang

Sangat mudah bukan? Dan tentu saja sangat murah. 


Persembahkan Hidup Untuk Membahagiakan

Hidup untuk sesuatu di luar diri kita itu membahagiakan. Ya, benar sekali. Pernahkah Anda memberi sesuatu kepada seseorang yang sangat membutuhkan? Mungkin pemberian itu tidak seberapa, tetapi ia menerimanya dengan penuh keharuan. 

Siapa yang lebih bahagia ketika itu? Anda yang memberi, ataukah dia yang diberi? 

Jawabannya: Anda. Yang memberi-lah yang sebenarnya mendapatkan kebahagiaan. Di saat itu Anda mempersembahkan diri Anda untuk orang lain. Dan ketika mempersembahkan kebahagiaan kepada orang lain, justru hukum di alam semesta ini "memaksa" kita mendapatkan kebahagiaan itu.

Mungkin itu pula alasannya, mengapa orang yang mempersembahkan kehidupannya tulus untuk Tuhan mendapatkan ketenangan luar biasa. 

Maka, 

...belajarlah untuk "mempersembahkan" diri kita untuk pasangan secara tulus. Apapun yang kita lakukan merupakan cara untuk membahagiakan pasangan. Baik berupa tatapan mata, ucapan, perasaan, kerja, bahkan senyuman.


Pendengar Yang Baik

Bagaimana cara termudah membangun rasa cinta dari seseorang? Kenyamanan. 

Betapa banyak seseorang yang awalnya merasa nyaman, lalu tumbuh rasa cinta. Bahkan kenyamanan itu sendiri lebih penting daripada perasaan cinta. 

Kunci agar pasangan nyaman adalah kesediaan kita menjadi pendengar yang baik. 

Seseorang yang perkataannya didengarkan akan merasa dihargai. Secara fitrah, manusia menyukai orang lain yang menghargai dirinya. Biarkan pasangan Anda bercerita, menumpahkan keluh kesahnya, mengungkapkan ide dan pikirannya. 

Dengarkan. Jangan dipotong perkataannya. 

Karena...

Begitu banyak masalah yang selesai hanya dengan mengungkapkannya. Solusi dari masalah tersebut hanyalah "didengarkan." 

Setelah mengeluarkan unek-unek, biasanya kita merasa ringan. Tidak ada lagi beban berat karena beban tersebut telah "dipikul" bersama-sama. 


Sediakan Waktu Berdua

Rumah tangga yang harmonis dibangun oleh dua pilar: suami dan istri. Oleh sebab itu, keharmonisan antara suami istri merupakan keharusan. 

Sediakan waktu berdua-duaan merupakan tips yang tidak boleh dilupakan agar merasakan hidup bahagia dalam rumah tangga. Melupakan segala urusan sejenak lalu memberikan semua perhatian untuk pasangan hidup memiliki impak luar biasa. 

Intinya...

Saat bersamanya sertakan kehadiran hati dan pikiran. Dengarkan ceritanya sepenuh hati. Hormati setiap perkataanya. Tatap dengan segenap yang bernama kasih sayang. 


Lakukan Aktivitas Bersama

Maksudnya melakukan aktivitas ringan yang menciptakan keceriaan. Biasanya aktivitas hobby. Seperti berkebun, memelihara bunga, jalan-jalan, mengunjungi perpustakaan, atau sebagainya sesuai dengan hobby masing-masing. 

Ciptakan sesuatu yang sama-sama disukai bersama.

Manusia biasanya akan senang berkumpul dengan manusia lainnya yang memiliki hobby sama. Begitu pula pasangan yang mempunyai kesukaan yang sama akan memiliki persahabatan yang erat.


Kirimkan Surat Cinta

Zaman dahulu...sebelum ada sms, handphone, ataupun internet...

Kita hanya memiliki satu cara untuk mengikat hubungan jarak jauh. Yakni berkirim surat.

Menurut salah seorang teman saya,

Mengatakan cinta lewat surat itu lebih romantis dan berkesan.
Saya setuju sekali. Surat berbeda dengan sms, telepon, dan alat komunikasi super cepat lainnya. Mengapa Anda tidak mengirimkan surat cinta kepada pasangan Anda? Memberinya sebuah kejutan romantis...

Sekali lagi katakan (lewat surat) betapa Anda terpesona olehnya, masih berdebar saat menatap matanya, mengimpikan kehidupan dalam mahligai cinta...

Atau,

Seolah-olah Anda menceritakan kisah kebahagiaan Anda kepada orang lain: betapa Anda hidup bahagia dalam rumah tangga. Ceritakan alasannya mengapa?

...Karena...

Aku dianugerahi pendamping hidup yang membahagiakan. Seseorang berwajah teduh. Ia memberikan kehangatan dalam hati setiap kali aku menatapnya...

Surat cinta adalah pemantik kemesraan.


Buatkan Puisi Romantis

Puisi tidak pernah lepas dari pelataran cinta. Ia adalah hiasan yang selalu indah. Anggun. Cantik. Dan senantiasa harum.

Ketika Anda berlayar dengan bahtera rumah tangga, sesungguhnya Anda sedang mengguratkan sejarah cinta Anda sendiri. Mengapa tidak menorehkan sejarah cinta yang agung?

Mempersembahkan puisi cinta untuknya bertujuan untuk menghadirkan kembali getar-getar cinta. Sekaligus menyimpan cinta secara apik di relung-relung hati. Bukan sekedar merangkai kata hampa makna.

Merangkai kata-kata puitis atau romantis dapat membangkitkan sisi lembut kita.

Marilah kekasihku...Kita susuri pantai-pantai kebahagiaan. Gamitlah tanganku. Kita bergandeng tangan menapaki setiap jengkal kehidupan. Jangan pernah lepaskan diriku. Karena aku adalah sekutum bunga yang hanya indah bila mekar pada sebuah tangkai. Dan tangkainya adalah dirimu...

Sesekali Mandi Bersama

Apa yang mesti kita dapatkan dari mandi bersama? Keceriaan! Keluarkan sisi kekanak-kanakan Anda. Selain dapat merekatkan hubungan, juga mengurangi tingkat kecemasan.

Bermainlah. Nikmatilah. Rayakan kebersamaan Anda.

Biarkan kebahagiaan memenuhi sekujur tubuh. 

Terapkan Tips Rumah Tangga 7P

Tips rumah tangga bahagia dengan 7P merupakan tips yang sangat baik. Mudah diingat dan mudah dilaksanakan. Berikut ini beberapa poin 7P:

  • Pujian
  • Penghargaan
  • Perhatian
  • Pelukan
  • Pengertian
  • Permohonan

Untuk penjelasan lebih detil, silakan baca Rumah Tangga Bahagia Dengan 7P

Hidup Bahagia Dalam Rumah Tangga Perlu Waktu

Perlu Anda ketahui... Hidup bahagia dalam rumah tangga perlu waktu. Masing-masing berasal dari latar belakang, kebiasaan, pola pikir, dan budaya keluarga yang berbeda. 

Oleh sebab itu...

Berilah waktu bagi bahtera rumah tangga Anda menyatukan dua perbedaan tersebut. Membangun kesepahaman antara dua orang tidak dapat dibangun hanya dalam satu malam. Jangankan dengan pasangan - yang berasal dari keluarga berbeda - antara dua kakak beradik-pun pasti ada perbedaan. 

Kita memerlukan waktu untuk proses adaptasi hingga bisa seirama, sepemikiran, dan searah dengan pasangan. 

Terapkan beberapa tips...

... tetapi jangan terlalu memaksakan diri. Tidak perlu semuanya. Cobalah satu atau dua tips saja. Terapkan tips yang menurut Anda paling mudah dilakukan.

Demikian,

Semoga Anda bisa memetik manfaat dari serangkaian tips hidup bahagia dalam rumah tangga tersebut.


Photo credit: wallpaperose
Iklannya Juga Keren

Terkait: