Langkah Super: Proses Cara Membuat Puisi Yang Baik Dan Indah


Rahasianya... Tidak ada langkah khusus dalam membuat puisi. Sebagian orang hanya menulis. Lalu jadilah sebuah puisi. Ada pula yang membuat kerangka terlebih dahulu. Barulah merangkai kata seindah-indahnya.

Namun jika Anda ingin membuat puisi...

...langkah-langkah di bawah ini menggambarkan proses membuat puisi. Tentu saja menurut versi saya.



Proses Membuat Puisi

Langkah-langkah dalam membuat puisi.

1. Tentukan Tema

"Apa yang ingin saya sampaikan?"

Puisi merupakan media menyampaikan sesuatu. Bisa berupa perasaan kita, pikiran, keinginan, ataupun ide-ide tertentu. 

Dalam artikel ini, kita ambil tema tentang cinta. Lebih spesifik tentang perasaan ketika seseorang jatuh cinta.  Jadi, "Apa yang ingin saya sampaikan?". Jawabannya, "Perasaan saya ketika jatuh cinta."


2. Mendapatkan Kata Tepat

Kata-kata sangat penting. Puisi yang baik dan indah tidak bisa terlepas dari pemilihan kata yang tepat. Kita memiliki ribuan, bahkan jutaan kata. Pilihlah dengan hati-hati.

Mari kita dapatkan kata yang tepat. Dan inilah caranya. Misalnya kita mendapatkan kata "melihat."

Kata Untuk Kalimat 

Carilah kata padanan yang semakna dengannya. Itulah langkah dalam membuat puisi yang indah. Berikut ini merupakan padanan/sinonim dari kata "melihat."

  • melihat
  • menatap
  • melirik
  • melihat
  • menengok
  • memandang
  • mengintip
  • melotot

Contoh lainnya. Padanan kata "kagum."

  • Kagum
  • Terpesona
  • Terpukau
  • Terpaku
  • Tertawan
  • Terkesima


Kata Dalam Bait

Jika Anda sudah terbiasa memilih padanan kata, berikut ini proses membuat puisi berikutnya selanjutnya. Yaitu membuat berbagai kalimat dengan makna yang sama.

Contohnya. 

Aku menatapnya
Lalu berdebarlah hatiku
Kemudian aku tahu
Bahwa aku sedang jatuh cinta

Kita bisa mengubahnya menjadi ...

Tatkala mataku menatapnya
Ada debaran di dalam dada
Sebuah debaran penuh makna
Kutahu, itulah getaran cinta

Kita coba lagi diubah dengan kalimat lainnya...

Mataku matanya beradu pandang
Aduh, mengapa hatiku berdebar-debar
Aku tak menyadari dimana aku berdiri
Yang kusadari hanyalah bahwa aku sedang jatuh hati

Tiga bait puisi di atas memiliki makna yang serupa. Intinya: menatap, berdebar, jatuh cinta. Semakin pandai mengungkapkan sesuatu, semakin besar kemungkinan mendapatkan puisi yang indah.

Mari kita coba lagi mengubah bait puisi di atas.

Ketika mataku matanya berjumpa
Berdegup-degup rasa di dada
Ternyata itu sebuah tanda
Bahwa diriku dilanda cinta.


3. Suasana Untuk Memperindah

Jangan lupa, membangun suasana. Puisi yang baik dan indah senantiasa disertai suasana tertentu di dalamnya. Kesan terdalam puisi biasanya dibangun oleh suasana di dalamnya.

Suasana itu bermacam-macam: romantis, sedih, mistis, bahagia, riang, syahdu, khidmat, bingung, mencekam, semangat, lucu, dan lain sebagainya.

Untuk mudahnya, perhatikan bagaimana cara saya membangun suasana demi membuat puisi yang indah. Saya berikan tiga contoh.

Suasana Romantis

Nikmati setiap kata-kata di bawah ini.

Duduklah di sisiku.

Tidakkah engkau tahu, hatiku yang satu-satunya ini dilanda rindu? Aku tak pernah tahu bagaimana menyembuhkannya. 

Yang kutahu... Jika aku berada di sisimu, beribu-ribu kebahagiaan menghampiriku. 

Kekasihku...
Dengarlah...

Semalam aku bermimpi. Kita membangun sebuah rumah mungil. Ada sekuntum bunga putih di sudut-sudutnya. Juga taman kecil tempat istirah. 

Di sana, sebuah bangku panjang di taman... Engkau dan aku duduk berdua. Dan kusandarkan berat tubuhku di pundakmu. Sesekali kutempelkan pipi putihku ke pipimu. 

Aku tak berhenti berkata. Dan engkau hanya mendengarkan. Amat seksama.

Bagiku, engkau laksana telaga. Aku bermain-main sesukaku di sana. Menumpahkan segala resah. Meluruhkan segala gelisah. Dan membiarkan sisi kemanjaan bersuka ria.

Dan...

Bila malam tiba, kau rebahkan diriku dengan perlahan. Elusan hangatmu di rambut hitamku... Lantunan ayat-ayat suci dari bibirmu... Betapa meneduhkan.


Suasana Mistis

Pada karya-karya Kahlil Gibran, banyak sekali suasana mistisnya. Itu pula yang menjadi kekuatan seni dari karya-karyanya.

Gina berikan beberapa kalimat dan mencoba membangun suasana mistis.

Bumi bergetar. Akupun sempoyongan. 

Lalu tanpa kumengerti, sebuah tarikan gaib melesapkan kesadaranku menuju dunia yang tak pernah kutahu namanya. Aku hanya melihat padang hijau sejauh pencapaian pandanganku. Beberapa bongkah batu putih tergeletak begitu saja. 

Samar-samar sebuah keharuman tersebar. 

Udara terasa demikian segar. Tubuhku yang letih tiba-tiba saja kembali bugar. 

Belum sempat aku bangkit berdiri; nun jauh di sana udara berputar seperti badai. Semakin dekat. Dan semakin mendekat lagi. 

Tercekat. Kerongkonganku terasa kering. Nafasku tertahan. Menunggu apa yang akan terjadi. 

Lalu bagaikan di alam mimpi, seorang perempuan tiba-tiba saja berdiri tegap di hadapanku. Suasanapun kembali hening. Senyap. Bahkan aku mendengar hembusan nafasku.

Wajahnya nampak berseri. Ia memiliki pandangan tajam yang hanya dimiliki kaum raja. Namun dibalik ketajaman dan ketegasannya, sebuah anugerah tak ternilai ada pada senyumannya. Sebuah senyuman yang amat menentramkan. 

Ia mengalihkan pandangannya kepadaku. Amat perlahan. Menatapku lamat-lamat. Seperti seorang Ratu kepada putrinya. Lalu katanya, 

"Putriku..." Suaranya lembut seperti aliran sungai sekaligus kuat laksana deburan ombak. 

"Ingin kuuntai kata-kata seindah-indahnya laksana kalung permata. Ingin kususun secermat-cermatnya; kurangkai secantik-cantiknya, agar engkau menerima nasehatku ini...

"Betapa hatiku pedih. Mengenangkan nasibmu itu. Di ujung dunia yang tak menentu. Betapa jiwaku lara, setiap kali merindukanmu. Ingin kubawa dirimu dari dunia yang tak mengenal cinta. 

"Dengarkanlah olehmu wahai Putriku! Dunia ini begitu kecil bagi mereka yang berjiwa agung. Segemerlap apapun, tiada godaan yang menembusnya. Sehebat apapun gelimang harta, tiada pernah dapat mematahkan ketentraman hatinya. 

"Tetapi dunia ini begitu besar bagi jiwa yang rendah. Dengar! Dengarlah olehmu wahai Putriku!"

"...."


Itulah dua contoh dalam menciptakan suasana. Fungsi dari suasana yang dibangun adalah kesan secara keseluruhan dari puisi.

Tiga proses di atas: tema, pilihan kata, dan suasana hanyalah sedikit dari cara membuat puisi yang baik dan indah. Kendatipun begitu, bagi Gina hal tersebut sudah cukup untuk berlatih membuat puisi.


Extra Bonus...

4. Temukan Nada

Nada dalam puisi bisa berbeda-beda. Maka, menemukan nada yang tepat merupakan proses membuat puisi selanjutnya. Puisi bisa menjadi baik dan indah bila disertai nada yang sesuai.

Nada ditentukan oleh panjang pendeknya kalimat. Dipengaruhi bunyi vokal yang digunakan.

Gina berikan dua bait puisi sebagai contoh.

Bagaimana hendak kukatakan
Semua masih menjadi beban
Hati bimbang tiada tentram
Hanya bersujud pada Pencipta Semesta Alam

Bandingkan dengan bait puisi di bawah ini.

Sendiri
Aku menyepi. 
Senyap. Tiada bunyi. 

Menanti.
Seorang kekasih.
Lama. Tiada juga berjumpa. 

Anda tentunya bisa membedakan nada dari dua bait puisi tersebut.

Begitu dulu. Jika ada pertanyaan atau diskusi lebih lanjut mengenai proses membuat puisi yang baik dan indah, silakan kirim email ke gina.hayana@gmail.com.


Iklannya Juga Keren

Terkait: